Implementasi "looping" untuk dropdown dalam java



Tutorial berikut membahas tentang dropdown yang dikombinasikan dengan "while do" . "While do" sendiri adalah salah satu fungsi di java yang menampilkan "loop" atau berulang-ulang . Agar lebih jelas , penulis menempatkan beberapa screenshoot hasil dari implementasi ini . Meskipun sebenarnya input manual lebih mudah , tapi tak ada salahnya kan mencoba ?





Sebagai contoh , penulis membuat form sederhana data diri . Di mana tanggal lahirnya terdapat dropdown , dan menggunakan perintah "while do"





Lalu bagaimana cara membuatnya ?
Penulis asumsikan , bahwa form telah siap dalam segi desain . Untuk membuat dropdown , tambahkan combo box sebanyak 3 buah (tanggal - bulan - tahun) , atau bisa sesuaikan dengan desain di bawah ini


Nama Combo box tidak diedit oleh penulis (defaultnya adalah jComboBox1... dst ) . Dan untuk combo box "tanggal" adalah jComboBox1 , bulan = jComboBox2 , Tahun = jComboBox3 .
Rumusnya



Sebelumnya , cara meletakkan rumus ini cukup berbeda dari tutorial saya sebelumnya . Di sini , saya meletakkan kodenya dengan cara klik sembarang daerah kosong di dalam desain . Lalu lihat panel [JFrame - Properties] pilih event , window opened form window opened .



Lalu masukkan kode tadi di bawah     // TODO add your handling code here:





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Implementasi "looping" untuk dropdown dalam java"

Posting Komentar