Install ssh server di debian 7

Setelah install server , terutama jika memang dikondisikan untuk remote (dikendalikan jarak jauh) instalasi ssh server tak boleh dilupakan . Dalam debian , paket ssh server yang include dalam DVD installernya adalah openssh-server . Ssh dapat digunakan sebagai remote , tunneling , dan lain-lain . Untuk klien ssh ( remote ) bisa menggunakan terminal ( jika anda menggunakan linux ) , putty , atau bitvise (sampai saat penulisan posting ini , bitvise-client hanya mendukung sistem operasi windows) . Sebagai bahan bahasan kali ini , penulis ingin memberikan langkah-langkah instal openssh-server di debian .
Lalu langkah apa saja yang harus kita lakukan agar openssh-server dapat berjalan baik di mesin debian ? berikut ulasannya :



  1. Pastikan server sudah dalam keadaan login sebagai root , lalu lakukan perintah
    apt-get update
  2. Setelah update berjalan dengan baik , lakukan perintah
    apt-get install openssh-server
  3. Setelah terpasang dengan baik , biasanya agar server sedikit lebih aman ada baiknya kita mengganti port default ssh dengan port tertentu . Mengubah port dapat dilakukan dengan menggunakan teks editor untuk mengedit pengaturannya yang berada di /etc/ssh/sshd_config . Di sini , penulis menggunakan nano , sehingga menggunakan perintah " nano /etc/ssh/sshd_config " .
  4. Lalu cari baris port (defaultnya adalah 22) , setelah selesai mengeditnya
    simpan menggunakan tombol kombinasi CTRL+X
  5. Restart service openssh dengan perintah /etc/init.d/ssh restart
  6. Cek apakah ssh berfungsi dengan baik dengan cara lakukan perintah akses ssh ke salah satu user di dalam server 
     













Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Install ssh server di debian 7"

Posting Komentar