Membuat Backup offline aplikasi ubuntu dengan aptoncd

Saat ubuntu mengalami masalah, terkadang kita sudah "mentok" untuk mengatasi masalah(bug) tersebut. Kebanyakan memilih untuk inul(Install Ulang). Bagi yang memiliki koneksi internet tanpa dibatasi kuota atau unlimited, ini bukan masalah(namun sepertinya juga masalah bagi yang memiliki koneksi internet unlimited dengan syarat batas kecepatan wajar/FUP).
Tentunya dibutuhkan backup offline dari aplikasi yang pernah kita install, namun ini tak semudah hanya simpan setup dari tiap aplikasi yang kita install mengingat aplikasi ubuntu diinstall kebanyakan menggunakan perintah apt dan koneksi internet. Di sini, penulis akan mengajarkan penggunaan dan pemasangan program yang dapat mengofflinekan aplikasi yang pernah kita install menggunakan apt.

Berikut caranya:

Seperti biasa, buka terminal:

sudo apt-get install aptoncd

syarat: tahap ini harus ada koneksi internet

Lalu setelah program terinstall dengan baik, panggil menggunakan perintah:

sudo aptoncd

maka akan muncul sebuah jendela program dari aptoncd

Pilih Create/Buat untuk mulai membuat backup dari aplikasi-aplikasi












Di sini, terdapat banyak aplikasi yang dapat anda pilih(pilih mana yang akan anda backup)




Lalu klik "burn"



Akan ada jendela munculan seperti berikut, mengindikasikan apakah backup akan diburning dalam bentuk CD atau DVD, apabila backup aplikasi lebih dari 700MB gunakan DVD. Destination of image berarti tempat hasil backup dalam bentuk iso disimpan, File name for the image - Nama untuk file backup.



Lalu ketika memilih "Apply" atau "Terapkan",  proses pembuatan backup berjalan.



Di bagian akhir terdapat pilihan untuk membakarnya di CD/DVD. Ini opsional, anda dapat membakarnya atau menyimpannya di drive.






Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Backup offline aplikasi ubuntu dengan aptoncd"

Posting Komentar