Penggunaan VI dalam terminal emulator android.

Vi merupakan aplikasi favorit untuk editing/membuat konfigurasi di linux, terutama text. Keisengan saya dimulai ketika membuat sebuah tulisan “coba-coba” melalui terminal emulator di android. Begitu masuk ke terminal, dilakukanlah perintah membuat catatan ber-ekstensi “.sh” menggunakan aplikasi vi.
Seperti ini:

#vi my.sh

Terbuka aplikasi editor teks, naluri dalam diri yang sering mengedit konfigurasi openwrt mulai muncul(Di openwrt pra-install hanya terdapat editor vi). Untuk memasukkan karakter ke dalamnya, kita harus menekan huruf I.


Diketikkan:
echo “Anggara”
echo “Chandra”
echo “Mahardika”


Setelah itu disimpan, namun dimana tombol esc-nya? Padahal softkey android tidak menyediakan tombol tersebut. Duh gimana nih? Haha.. Akhirnya googling dengan keyword “esc terminal emulator” ketemulah link ini. Dan mulai mempraktekkan dengan menekan “Power Down + [“, akhirnya dapat memasukkan perintah saving khas vi(:wq).


Pada bagian ini, sebenarnya tujuan utama telah tercapai(membuat teks menggunakan vi di terminal emulator android). Untuk memantapkan lagi, saya coba eksekusi file .sh yang dibuat tadi. Pertama, saya lakukan perintah

./my.sh

Keluar respon

Permission Denied

Duh, apa lagi yang salah??? Singkatnya dicoba-coba lagi menggunakan perintah chmod pada file-nya.

chmod 744 my.sh



Mengulangi dengan perintah eksekusi yang sama di awal, dan berhasil(yeah).



Yang tidak diduga, ketidaksengajaan terjadi ketika membatalkan program vi dengan menekan “Power Down + C” yang sebelumnya dikira fungsinya akan sama dengan “CTRL+C”, ternyata responnya sama dengan “Power Down + [”. Padahal kalau menjalankan ping selalu diakhiri dengan “Power Down + C” yang menggantikan “CTRL + C”.



Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Penggunaan VI dalam terminal emulator android."