For, While, While do... PHP

Pernyataan For adalah perintah perulangan yang nilai awal, akhirnya sudah ditentukan. Oleh sebab itu, untuk nilai yang tidak dapat dipastikan berapa kali perulangannya, tidak bisa menggunakan perulangan for.



Kurang lebihnya, struktur penulisan perulangan for seperti ini:

For(ekspresi1; ekspresi2; ekspresi3)
{ statement;
}

ekspresi1 berisi nilai awal dari perulangan, sedang ekspresi2 menjelaskan batas akhir, dan ekspresi3 tentang step/counter atau kelipatan ekspresi1.

Untuk lebih jelasnya, coba lihat contoh di bawah ini:






While

Selanjutnya adalah Perulangan while, di sini proses akan berjalan jika nilainya True/Benar, dan akan berhenti ketika False/Salah. Jika statement while bernilai salah, maka program akan berhenti dan melanjutkan perintah di bawahnya. Pun apabila bernilai salah/False, hasil tidak akan tampil, berbeda dengan Do While.

Statement Penulisan:

while(syarat)
{
statement
}






Do While


Do While memiliki posisi statement di atas syarat, berbeda dengan while. Perulangan ini akan mengerjakan statement terlebih dahulu walaupun kebenarannya belum dicek, maka dari itu hasil akan tetap tampil meskipun salah.

Sintaks penulisan

do
{
statement;
}
while(syarat);






Coba lihat perbandingan antara while dan do while di sini:




Break


Berikutnya adalah break, sintak ini berfungsi untuk memberhentikan loop(dan dapat ditulis pesan juga/perintah) seperti ini:





Dan, yaah... postingan sampai di sini dulu ya, masih dalam seri Belajar PHPin orang, eh belajar PHP maksudnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "For, While, While do... PHP"

Posting Komentar