Menambahkan file mp3 menjadi notifikasi android.

Hai-hai, selingan untuk pos php kali ini adalah tentang android, yaitu memasukkan lagu(yang nantinya akan menjadi notifikasi). Untuk sampel percobaan saya menggunakan notifikasi sms dari beberapa vendor ponsel terkenal, silakan download dahulu di sini (link disediakan oleh member xda-developers, neilruparel ). Sedang untuk push/memasukkan filenya saya menggunakan root explorer(klik saja).


Setelah file rar tadi didownload, buka root explorer lalu klik Extract All. Jika proses ekstrak telah berhasil, langsung tap Go to extracted(agar kita tak perlu pusing mencari path file hasil ekstraksi).





Karena tadi nama file compressednya Original_tones, maka setelah ekstrak akan membuat folder Original_tones. Masuk ke folder tersebut, centang 2 file .mp3 yang berada di dalamnya dan tab cut(tanda gunting).







Buka tabulasi baru/atau back ke root directory(/), lalu menuju ke direktori /system/media/audio/notifications/
Tab bagian Mount R/W agar Menjadi Mount R/O, lalu Move Here.







Nah, setelah file berhasil dipindah, perhatikan ekstensi dan permissionsnya berbeda dengan yang lain. Pengalaman penulis, hanya tinggal rename ekstensi menjadi ogg(tanpa perlu convert) langsung dapat digunakan. Dan jangan lupa ubah juga permissionsnya menjadi rw-r--r--.

















Reboot untuk merasakan manfaatnya(yah kayak apa aja...)



Lalu cek bagian pengaturan notifikasi apakah lagu sudah masuk/belum, selamat mencoba.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menambahkan file mp3 menjadi notifikasi android."

Posting Komentar