Menghemat Kuota Android

Yay, akhirnya sampai juga di bulan kedua tahun 2016 ini. Hai pembaca, gimana kabarnya? baik pastinya yakan yakan? (tumben sok akrab banget).
Bulan-bulan kemarin penulis ngerasa boros banget kuota, setelah dicek pada Data Usage, ternyata banyak app yang berjalan & download dalam background process.
Mau diuninstall, kadang masih pengen buka lagi, repot kan?
Nah karena hal itu penulis pengen berbagi aplikasi nih, yang manfaatnya bisa saving data.

Menggunakan Opera Max

Sudah berganti menjadi Samsung Max (sepertinya khusus untuk gawai jenama Samsung) alternatif dapat menggunakan Datally (oleh pengembang Google, saya belum mencobanya).

Menghemat kuota ketika kita browsing, dll. Kabar baiknya, saving data ini berlaku juga untuk YouTube. Selain itu bisa buat batesin aplikasi tertentu buat pake data, jadi nggak akan ada lagi cerita kecolongan data, karena kita dapat batesin mana yang boleh online, dan mana yang harus offline. Berikut appnya dapat kamu install melalui link ini.

Tinggal buka aplikasinya lalu tab connect, maka akan muncul permintaan koneksi VPN ke cloud server opera, tenang aja karena saat konek ke cloud, data kita terkompres sehingga minim penggunaan kuota.

Tampilan ketika Opera Max terkoneksi ke cloud server.

Statusbar menampilkan Opera Max running.





Tampilan penggunaan kuota dalam periode harian.



Pada bagian App Management, kamu bisa batesin mana aplikasi yang boleh akses data, mana yang enggak. Gimana? Nggak boros kuota lagi kan?









App Management, memungkinkan pengguna membatasi app untuk menggunakan kuota.

Melalui Fitur Bawaan Android

Selain menggunakan opera max, sebenarnya di dalam sistem android-pun sudah dilengkapi pengaturan yang memungkinkan kita untuk membatasi penggunaan kuota di Android. 

Semula seorang teman mengatakan apabila android ingin baterainya lebih awet, silakan batasi saja penggunaan backround-nya. Setelah saya praktekan selama satu bulan, malah tidak ada perubahan dalam sisi keawetan baterai, mungkin karena penggunaan yang berlebihan sehingga tak dapat dinilai sama dengan pengguna rata-rata. Yang saya rasakan dari dampak “menghabisi” penggunaan data aplikasi secara backround yaitu menghematnya(bertambah hemat) saat penggunaan kuota, yah memang itu yang saya dapatkan selama penggunaan satu bulan :) .


Untuk mengatur penggunaan kuota secara “minimalis” silakan ke Pengaturan > Penggunaan Data. Di sana akan terdapat rank(peringkat) aplikasi yang menggunakan data, pilih yang tertinggi lalu pilih tanda centang pada bagian restrich backround data. Lakukan hampir ke semua aplikasi yang menggunakan data di latar belakang, namun ingat setelah mencentang ini biasanya aplikasi yang tidak dibuka tidak akan menampilkan notifikasi, hal ini saya sadari setelah memilih membatasi instagram untuk menggunakan data di latar belakang sehingga notifikasi akan muncul saat aplikasi tersebut di-buka. 





Di sini juga berarti jika anda memilih membatasi penggunaan data untuk aplikasi perpesanan(mesengger) notifikasi juga tidak akan muncul, saya sarankan jangan dibatasi untuk aplikasi chat/perpesanan toh juga tidak menggunakan banyak data. Rekomendasi silakan batasi sosial media, karena mereka biasanya lebih beringas “merampok” data diam-diam. :)

Dan untuk antarmuka MI(atau lebih dikenal dengan MIUI)


Anda juga dapat membatasi penggunaan data di latar belakang dalam MIUI, yaitu dengan cara seperti ini:

1. Masuk ke Keamanan.

Pilih Data(tengah antara daftar lebih dan tong sampah).


Pilih statistik penggunaan data.

Pilih aplikasi yang background data-nya mau dimatikan






Ubah Data latar belakang-nya mejadi off



Catatan penulis: Perubahan judul dari "Menghemat kuota android menggunakan Opera Max" menjadi "Menghemat kuota Android" karena di pos ini terdapat pembaruan yang membuat isi bersifat umum.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menghemat Kuota Android"

Posting Komentar