Tips membendung pengaruh jejaring sosial mantan(berlaku buat temenmu yang lagi overdosis politik juga)







Buat kamu yang suka nongkrongin fb, twitter, atau instagram, sekalinya punya gandengan pasti sibuk stalking melulu kan? nah pas ada masalah, atau pas kalian putus(misal udah jadian) mungkin ada yang nerapin sistem blokir, ya buat bantu move on juga - tapi cara ini ada efek buruknya, kalau suatu saat kita butuh bantuannya(mis. ngutang) nanti kita akan kerepotan sendiri, apalagi kalau doi orang yang susah lupa, yah selesai deh.

Tapi setelah dipikir-pikir lagi, tips ini bisa kamu terapin untuk teman-temanmu yang tidak sepemikiran/sejalan denganmu tentang politik, pilihan, atau apapun, yang pasti kalau kamu nggak sreg, ya lakuin aja. :)

Mantan adalah bekas pemangku jabatan (kedudukan): ia -- gubernur yang sekarang aktif dalam organisasi sosial, seperti yang dinukil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia daring(kbbi.web.id).

So, kamu nggak boleh blokir dia meskipun udah putus(untuk mantan) kalau teman ya kalau kita tidak sejalan jangan diblokir, karena yang pasti merusak silaturahmi, kedua nanti kalau kamu butuh uang dia bakalan nolak karena alesan fb/twit/ig di-block.

Dan ketimbang kamu block mereka, yang nantinya bakal jadi bumerang juga, berikut saya beri tips bagaimana menyingkirkan mantan/teman yang tidak sejalan dari hamparan linimasa sosial media kita.

1. Unfollow akun facebook, jangan diunfriend, apalagi blokir.


Memblokir orang di facebook bukanlah kesalahan, terlebih saat merasa terganggu. Tapi untuk kasus mengalihkan perhatian dari orang lain baiknya cukup unfollow saja, kenapa? karena kalau diunfriend bakal ketahuan, block juga sama. Jadi biar hubungan sama mantan nggak semakin memburuk, udah deh putusin aja - eh kan udah putus!(maksudnya unfollow aja).

Dan berikut komentar dari Terry Johnson yang dilansir dari laman facebook help community "If you go to a friend's Timeline and click the Following button, it will change to read Follow and that friend's posts would no longer show in your News Feed. To undo this go to their Timeline and click the Follow button--it will change to read Following and their future posts would start showing in your News Feed. No story is generated by either action, the friend is not given any notification and they remain on your Friends list. There would be no change in the way Messages work." Yang kalau disederhanakan menjadi "Unfollow hanya akan menghilangkan status mantan di beranda, udah gitu aja".

Baru-baru ini

Karena banyaknya hoax yang beredar di dunia(tidak hanya Indonesia saja) tim developer facebook melakukan pengembangan sehingga munculah fitur report fake news, cara menggunakannya yaitu pilih tanda panah bawah di samping kiriman dan tandai report fake news.


Sebagai tambahan, setelah proses filtering teman-teman yang dirasa menyebarkan kosakata negatif, untuk tambah inspirasi atau bacaan positif yang dapat dinikmati dengan facebookan, kamu bisa manfaatin fitur facebook see first. Caranya mudah tinggal pilih menu dropdown (arah bawah di sebelah nama) atau pada bagian following di profil. Gantilah menjadi see first seperti ini sehingga yang muncul di beranda facebookmu adalah tulisan-tulisan bermanfaat.

fitur see first






123

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Tips membendung pengaruh jejaring sosial mantan(berlaku buat temenmu yang lagi overdosis politik juga)"