Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar domain

Logo whois; Gambar oleh: whois.com

Di kiriman kali ini saya ingin membagikan saran sebelum mendaftar domain, pelajaran yang saya dapatkan dari pengalaman pribadi ketika melihat seorang selebtwit (@nanidlot) lalu tertarik(dari cuitan sampai foto profil) dan mulai kepo melalui media sosial hingga melakukan whois alamat blognya yang kebetulan sudah diganti menggunakan TLD(Top Level Domain) dan Alhamdulilah mendapatkan beberapa info pribadinya(entah cara ini ilegal/legal). Kabar baiknya, sekarang domain nanidlot.com sudah diaktifkan fitur privasi(selamat ya dik! unblock media sosialku, boleh? :) ).

ilustrasi whois, identitas pendaftar domain tidak diprivasi; Gambar: tangkapan layar laman whois

Belajar dari hal tersebut, saya mendapati ilmu baru yaitu berhati-hati apabila mendaftar domain, aktifkan privasi kontak pendaftar(registrant contact) di penyedia domain, karena apa? dulu saya pernah mendaftar domain ilmukeren.id(yang sekarang sudah lenyap karena tidak diperpanjang) dan beberapa informasi saya terpapar di laman whois. Saat itu cukup banyak memang sms spam yang masuk, di kotak masuk email juga tak kalah banyak, untung tidak ada yang mengirim paket ke rumah karena alamat saya juga tercantum di laman whois.

ilustrasi whois, identitas pendaftar domain diprivasi; Gambar: tangkapan layar laman whois


Tambahan, jika anda ingin memasang domain TLD ke blogspot yang telah terpasang adsense dengan tipe hosted, baiknya dipikir ulang karena akun hosted tidak dapat menayangkan iklan di luar subdomain milik google(di luar blogspot.com) sehingga setelah anda mengubah domain, bagian slot iklan hanya muncul blank atau putih tanpa iklan. Ini saya alami ketika merubah domain anggara-chandra.blogspot.com ke www.anggarachandra.com. Solusinya? Lakukan peningkatan(upgrade) dari akun hosted ke non hosted, cara ini saya gunakan dan Alhamdulilah, sekitar 2 Minggu kemudian akun adsense saya disetujui untuk menampilkan iklan di laman anggarachandra.com.

Kesimpulannya?

Seperti di awal tadi, pertimbangkan untuk merahasiakan identitas agar tidak tampil ketika ada pengguna rese melakukan whois ke domain anda, hemat saya jika anda menggunakan domain untuk perusahaan rintisan(startup company) baiknya identitas pemilik domain tidak dirahasiakan, hal ini dapat mempengaruhi kepecayaan calon konsumen, namun jika untuk domain pribadi sebaiknya dirahasiakan saja demi privasi.

Kenapa dulu buat domain tidak diprivasi?
Ada ketidaktahuan di sini, sekaligus mencari harga lebih murah karena memprivasi kontak pendaftar sama saja tambah biaya, lagipula dulu waktu pertama kali membeli domain ada rasa bangga ketika melihat identitas tampil di whois, jangankan itu melihat nama sendiri di-googling muncul foto saja udah seneng, bagi saya terkenal eh ternyata lama-lama banyak pesan yang masuk melalui ponsel yang mengganggu. Saya jadi malas lagi untuk membiarkan identitas saya dilihat orang lain melalui whois, akhirnya untuk domain anggarachandra.com ini saya privasi.


Oh iya, kalau anda ada pengalaman tersendiri yang ingin anda bagikan sebelum mendaftar domain, bisa dituliskan di komentar. Jika menarik, akan saya tambahkan di sini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar domain"

Posting Komentar