Memperbaiki Routerboard 750 dengan Netinstall

Aplikasi netinstall

Kejadian bermula ketika router Mikrotik RB 750 milik kantor nge-blink, kala dihidupkan semua LED indikator ethernet menyala bersamaan lalu mati, ini terjadi berulang-ulang.
Iseng melakukan netinstall bermodalkan kabel ethernet, laptop, RB750(tentu saja), serta tutorial dari google. Berbuah hasil dan router dapat digunakan kembali, berikut langkah-langkah melakukan netinstall:

Siapkan file npk (sesuaikan dengan versi routerboard) dan install program netinstall(keduanya ada di situs resmi) lalu letakkan dalam satu folder.
Sedangkan pada perangkat routerboardnya cukup ditekan tombol reset(dalam keadaan mati) lalu nyalakan router.
Buka program netinstall, tunggu mikrotik terdeteksi, setelah terdeteksi anda dapat melepas tombol reset.
Aplikasi netinstall mendeteksi router dan file npk

Atur Alamat IP untuk server Netinstall dengan memilih Net booting, centang pada pilihan "Boot Server Enabled" dan isikan sembarang Alamat IP, jangan lupa sesuaikan dengan Alamat IP yang terdapat pada sistem Windows(harus sekelas, mis. IP Netinstall: 192.168.1.1, IP Windows: 192.168.1.5)

Angka 1 menunjukkan router RB750 yang telah terdeteksi.
Pilih perangkat mikrotik, lalu arahkan folder ke tempat di mana file npk di simpan(No. 2) pada bagian paling bawah beri centang versi npk yang akan diinstall(No. 3), lalu pilih install.

Mentransfer file npk ke routerboard

Tunggu sampai status completed, jika berhasil, router akan melakukan reboot, cek menggunakan winbox, apakah dapat terdeteksi atau tidak.

Router terdeteksi winbox

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memperbaiki Routerboard 750 dengan Netinstall"

Posting Komentar