Linux ringan untuk komputer jadul

foto: David Nield(Gizmodo)


Bagi teman-teman yang memiliki PC atau laptop dengan spesifikasinya tergolong jadul, mungkin sistem linux terbaru banyak yang tidak cocok, apalagi saat ini kebanyakan mensyaratkan 64 bit. Padahal komputer lama masih menggunakan arsitektur 32 bit, lantas, bagaimana agar kita dapat memanfaatkan kembali komputer yang tergolong lampau ini?

Di linux, ada beberapa varian yang memang dituukan untuk komputer dengan spesifikasi rendah(kadang mencapai pentium). Apa saja itu?

Slax

Slax sepertinya paling ringan dalam menjalankan sistem, apalagi kalau kita hanya memanfaatkan mode teks tanpa tampilan gui, dijamin ringan sekali. Tertarik mencobanya? Unduh di situs resminya

Xubuntu

Ubuntu dengan varian DE(Desktop Environment) XFCE ini memberikan alternatif menggunakan Ubuntu namun dengan antarmuka yang ringan, kenapa bisa seperti ini? Karena tamilan dari DE yang digunakan begitu sederhana sehingga dampaknya penggunaan RAM tidak terlalu banyak, sistem terasa lebih cepat.

Lubuntu

Sama seperti Xubuntu, hanya saja di sini ia menggunakan DE LXDE yang juga ringan untuk dijalankan di komputer yang lama.

Zorin

Masih turunan ubuntu, namun saya akui sistem ini juga tergolong ringan. Sayangnya, hal yang tidak saya suka adalah pemilihan warnanya yang kurang pas, secara performa bagus, namun tampilannya aneh. Oh iya, bagi anda pengguna Windows yang ingin perlahan mempelajari linux, mungkin Zorin adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, pihak pengembang menyediakan aplikasi yang mendukung jalannya program Windows di linux(seperti wine, dll).

Ubuntu Mate

Ini juga ringan, dan bahkan untuk versi 18.04, pihak pengembangnya menyediakan pilihan untuk 32 bit. Jika dilihat dari asal ubuntu 18.04 dirilis, canonical(selaku pengembang ubuntu) menghapus dukungan untuk 32 bit, namun oleh pengembang Ubuntu Mate, dibuatkan versinya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Linux ringan untuk komputer jadul"

Posting Komentar