7 hari sebelum membeli barang

Akhir-akhir ini saya mendapati tulisan di internet(di akun instagram:@cacatanentrepreneur) bilamana ingin membeli barang, hendaknya kita menundanya sampai 7 hari. Tujuannya apa? Adalah memberi kesempatan bagi kita untuk berpikir apakah kita masih perlu barang itu?

Saat mencoba cara ini di kehidupan saya, muncul beberapa pertanyaan, apakah benda yang akan saya beli ini bermanfaat? Apakah menunjang produktivitas? Apakah memang penting sekali? Apakah ada kepentingan lain yang lebih mendesak?

Sedikit cerita, saya terapkan saat membeli komponen laptop yang sebenarnya nggak di-upgrade pun tidak masalah(setidaknya untuk 1 tahun terakhir ini, mengingat kebutuhan saya hanya untuk mengetik dan browsing, RAM 4GB, cukup lah). Hanya saja, untuk beberapa kegunaan tertentu, memang dibutuhkan resource yang besar(untuk editing video).

Ketika dimintai bantuan untuk edit video, saya menemui kendala karena proses editingnya mengalami lag(patah-patah). Awalnya saya pikir mungkin bulan depan saatnya upgrade RAM, tapi tunggu dulu, apakah perlu saya upgrade jika hanya digunakan di project ini?(yang paling membutuhkan resource besar). Ingin membeli RAM, saya tunda seminggu hingga memunculkan beberapa pertanyaan(yang telah disebutkan di bagian awal) dan saya sampai pada kesimpulan, "Tidak masalah, toh jika upgrade sekarang juga merupakan investasi saya di masa depan."

Akhirnya, saya putuskan untuk menambah RAM, untung saja seseorang yang meminta bantuan untuk menyunting video, memberikan sedikit upah bagi hasil kerja saya(yang sebenarnya nggak pro amat). Syukurlah, untuk tambahan beli RAM.

Kesimpulannya, menunda keinginan untuk membeli itu bagus kok. Kita memberi kesempatan bagi diri sendiri untuk berpikir, untuk bertanya pada diri sendiri, "Apakah yang saya beli ini termasuk dalam keinginan atau kebutuhan?" Jika hanya keinginan namun yang ada masih memadai, maka tunda dahulu. Namun jika memang sudah tidak dapat lagi diatasi(masuk ke dalam kategori butuh), baiknya dibeli saja. Dengan cara ini, saya tidak menyesal membeli barang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 hari sebelum membeli barang"

Posting Komentar